Jumat, 08 Maret 2013

Posted by Unknown |

    Gerakan Pramuka Indonesia merupakan nama organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata "pramuka" singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya rakyat muda yang suka berkarya.

 Pramuka merupakan sebutan bagi para anggota gerakan pramuka, yang terdiri menjadi pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak, dan pramuka pandega, serta masih ada kelompok-kelompok lain seperti
pembina pramuka, andalan pramuka, pamong saka pramuka, staf kwartir dan majelis pembimbing pramuka. Kata "kepramukaan" merupakan proses pendidikan diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, teratur, dan praktis dilakukan dilingkungan alam terbuka dengan dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, semua itu bertujuan untuk membentuk watak, akhlak dan berbudi luhur bagi para anggota pramuka, serta kepramukaan memiliki sistem pendidikan kepanduan yang di sesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan dan perkembangan masyarakat bangsa indonesia. Itu sedikit pengetahuan tentang pramuka.

 Kata "proud to be scout" mungkin sangat menyimpang bagi orang-orang yang belum mengerti apa arti pramuka, mereka hanya memandang dari sebelah mata saja, mereka beranggapan pramuka itu ketinggalan zaman dan kegiatannya itu-itu saja , mungkin itu semua karna mereka tidak pernah masuk di dalamnya dan mereka tidak pernah merasakan di didik menjadi seorang pramuka. tapi saya tidak menyalahkan ada orang yang berpandangan seperti itu kepada pramuka. Orang yang mengikuti pramuka itu lebih cekatan, lebih peka dan lebih mandiri, memang di pramuka itu dibiasakan untuk melakukan hal-hal yang seperti itu, bayangkan saja berkemah di alam  terbuka, makan seadanya, masak sendiri, tidur dengan beralaskan tikar, dan berbagi tempat dengan teman-teman yang lain.

 saya di didik oleh pramuka dan saya rasakan betapa manfaat yang bisa saya ambil dari setiap materi yang di ajarkan. dulu waktu SMP saya pemalu, tidak berani bicara di depan orang banyak, kalau di suruh guru untuk maju ke depan kelas, tangan saya gemetar dan bingung mau ngapain karna sangat pemalunya, dulu saya juga terlihat sangat egois, mau menang sendiri, dan tidak mau berbagi kepada teman-teman, tapi semua itu berubah dengan sendirinya setelah mengenal dan mengikui pramuka. di pramuka saya tidak hanya di ajarkan materi tapi juga etika misalnya seperti :

  • bagaimana cara menghargai orang lain dan diri sendiri
  • bagaimana cara tampil berani di depan banyak orang
  • menaati peraturan dan selalu disiplin
  • bagaimana bisa mandiri dan rajin
  • bagaimana agar bisa kuat
  • menolong sesama 
  • tabah dalam menghadapi masalah
  • bagaimana mengatur diri
  • bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan
  • selalu jujur dan amanah
  • dan dari pramuka kita bisa membentuk diri yang berkarakter dan berakhlak
mungkin banyak yang tidak tahu tentang itu, yang diketahui dari pramuka hanyalah tepuk-tepuk gak jelas, yel-yel, sandi semaphore morse, baris-berbaris, dll..........
hahahahaha..!!!!!!!
itu hanya salah satu dari sebagian kecil metode pembelajaran saja, dan pramuka bukan hanya melakukan hal-hal itu saja, masih banyak hal-hal yang menarik dari pramuka. Di pramuka juga di ajarkan berorganisasi, memecahkan masalah, bekerja sama, dan yang paling peting adalah bagaimana cara memaksimalkan potensi yang kita miliki.

 Pramuka adalah salah satu dari beberapa organisasi yang mendunia, di punyai oleh semua negara, dan di akui secara internasional, termasuk negara yang kita cintai ini Indonesia yang hampir di setiap daerahnya mengadakan kegiatan kepramukaan. jadi dengan pramuka kita bisa jalan-jalan keseluruh indonesia bahkan dunia secara gratis dan juga bisa nambah temen dari berbagai daerah, nambah ilmu, dan nambah pengalaman...                                                                                  wooooowww..!!!!!
hebat bukan ! tentu saja...

 jadi tidak ada alasan tidak bangga menjadi seorang PRAMUKA
buat temen-temen yang masih setia sama pramuka, ayo kita tunjukan kepada semua orang kalau pramuka itu barwarna, tidak hanya coklat. Tunjukan bahwa banyak karya yang bisa di hasil sebagai seorang pramuka, dan bisa membawa nama baik bangsa indonesia dikanca internasional.


   Iam proud to be SCOUT !

0 komentar:

Posting Komentar